susanti lina

Guru SDN.Sariwangi Kecamatan Parongpong Kab. Bandung Barat. "Sebaik-baiknya manusia, adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya."...

Selengkapnya
Navigasi Web
  Kiat-Kiat Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Akademik Siswa Selama Pembelajaran Online

Kiat-Kiat Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Akademik Siswa Selama Pembelajaran Online

Oleh : Lina Susanti S.Pd – SDN. Sariwangi

Talkshow : Kiat-Kiat Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Akademik Siswa Selama Pembelajaran Online (Bagian I)

Hari minggu yang lalu, 5 Juli 2020 mengikuti talkshow yang sangat menarik dan sarat manfaat bersama Departemen Psikolgi Pendidikan Fakultas Psikologi UNPAD. Judul talkshow adalah Kiat-Kiat Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Akademik Siswa Selama Pembelajaran Online. Hadir sebagai narasumber adalah :

1. Dra. Erna Susiati, M.Pd. ,Psikolog.

2. Dra. Rasni Adha Yuanita, M.Si.,Psikolog.

3. Fitriani Yustikasari Lubis, M.Psi., Psikolog.

4. Puspita Adhi Kusuma W, M.Psi.,Psikolog.

5. Miryam Wedyaswari, M.Psi.,Psikolog

Bertindak sebagai moderator dalam talkshow ini Dr. Surya Cahyadi,M.Psi., Psikolog, beliau adalah kepala Departemen Psikologi Fakultas Psikolog UNPAD. Waktu dua jam dari mulai pukul 10.00-12.00 berjalan dengan cepat karena paparan yang sangat menarik dan antusiasme dari para peserta melalui zoom online meeting dan live di youtube.

Mereka memaparkan hasil penelitian kepada siswa SMP, SMA dan Perguruan tinggi dimulai tanggal 6 -12 Mei 2020. Respondennya berasal dari seluruh Indonesia , 21 provinsi bersifat acak dan disebar melalui media sosial dengan menggunakan google form.

Dari hasil angket tersebut dapat disimpulkan cerita tentang proses belajar daring sebagai berikut :

1. Tugas yang diberikan guru terlalu banyak dan menumpuk

2. Durasi tugas terlalu sering, sehingga siswa bingung mana yang harus diprioritaskan, dan waktu pengumpulannya terlalu singkat.

3. Instruksi yang diberikan tidak jelas, terlalu singkat, dan minim penjelasan.

4. Dukungan dari orang tua kurang, bahkan tidak ada yang membantu mengerjakan tugas.

5. Lingkungan rumah kurang tenang

6. Kuota terbatas, ada juga yang tidak mampu beli, atau terkendala jaringan yang kurang stabil.

7. Sulit memahami materi jika tidak tatap muka

8. Manajemen waktu yang kurang baik.

Bagaimana solusi dan kiat-kiatnya, kita lanjutkan ke bagian 2 ya…

Sumber : Talkshow Kiat-Kiat Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Akademik Siswa Selama Pembelajaran Online (Bagian I)

Sariwangi Bandung Barat, 6 Juli 2020

#Tantangangurusianaharike-113

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Materi yang bergizi. Keren, lanjutkan.

07 Jul
Balas

Betul, butuh inisiasi yang cukup bagi anak untuk menyesuaiakan dengan situasi yang baru. Salam sukses Bunda.

06 Jul
Balas

Betul Pak, terima kasih

07 Jul

Penasaran, kiatnya apa Bu...

07 Jul
Balas



search

New Post